Aswin Weblog

"Karena sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain"

  • Blog Stats

    • 403,284 hits
  • Kalender

    Januari 2010
    M S S R K J S
    « Nov   Feb »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • Sign by Aswin - For Information

Sertifikasi Postel di Hand phone

Posted by aswin pada 1 Januari 2010


Terdapat ribuan perangkat telekomunikasi yang dibuat oleh ratusan pabrikan di seluruh dunia, yang meliputi jenis apapun dari telepon konvensional hingga telepon bergerak, pager hingga modem, faksimil sampai switch. Jenis perangkat ini terus bertambah dalam hitungan hari. Banyak diantara ribuan perangkat tersebut yang tidak diperuntukkan dan tidak sesuai bagi Indonesia. Beberapa tidak dapat saling tersambung, dan beberapa lainnya dapat saling mengganggu antar perangkat radio yang dapat mempengaruhi kualitas penerimaan dan pengiriman informasi.

Sertifikasi sangat penting karena untuk menjamin perangkat dapat berfungsi dengan baik dan tidak berinterferensi ketika perangkat tersebut terintegrasi dalam jaringan telekomunikasi Indonesia. Selain itu sertifikasi juga membantu anda untuk memilih perangkat mana yang sesuai dengan standar Indonesia.

Apa yang terjadi bila perangkat tidak disertifikasi ? Perangkat disertifikasi sebelum perangkat bersangkutan dipasarkan dan terdapat label tertentu bagi perangkat yang telah mendapatkan sertifikat. Jika tidak didapatkan label pada perangkat bersangkutan, sebaiknya anda tidak membeli perangkat tersebut. Yang berarti perangkat tersebut memiliki potensi untuk menganggu jaringan komunikasi lain. Untuk melindungi kepentingan konsumen, petugas postel secara rutin mengadakan inspeksi kepada pihak yang menjual peralatan telekomunikasi, yang tidak lain adalah untuk menjamin bahwa perangkat telah tersertifikasi dan sesuai dengan peraturan yang ada. Bagi pihak yang mengimpor atau menjual perangkat yang tidak bersertifikat akan dipidana paling lama 1 (satu) tahun dan/atau denda maksimal Rp. 100.000.000,-

Pemegang sertifikat wajib menempelkan label yang dibuat sendiri, pada setiap alat/perangkat telekomunikasi. Pada label harus tercantum “POSTEL” dan nomor sertifikat yang telah diperoleh. Ukuran label tergantung dari permukaan alat/perangkat yang akan ditempelkan label dan harus dapat dengan mudah dilihat dengan mata telanjang. Jika pada alat/perangkat tidak dimungkinkan untuk dilaksanakan penempelan label maka dimungkinkan bagi pemohon untuk mencetak label pada buku petunjuk penggunaan atau petunjuk pemasangan. Pemegang sertifikat wajib melaporkan jumlah perangkat yang dilabel kepada Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi.

contoh label:

POSTEL
XXXX/
POSTEL/
YYYY

sumber: http://www.postel.go.id

Label ini biasanya terletak di balik baterai handphone.

Telitilah sebelum membeli hp, untuk mengecek apakah hp nya sudah tersertifikasi klik di http://www.postel.go.id:81/

Pengalaman saya ketika membeli hp nokia 5130 di GERAI RESMI dari produk Nokia, Sony ericsson, HTC & Blackbery yang bergaransi resmi selama 1 tahun, dan juga merupakan gerai resmi yang terkenal di indonesia (gerainya ada dimana-mana dan mempunyai website), TERNYATA hp saya tidak ada label postel-nya. saya sangat kecewa, ternyata nama besar PENJUAL  saja tidak cukup menjadi jaminan.

ingat!!! telitilah sebelum membeli hp.

Satu Tanggapan to “Sertifikasi Postel di Hand phone”

  1. Collette said

    Great blog you have hee but I was curious if you knew of any message boards that cover the same topics talked
    about here? I’d really love to be a part of online community where I can get feedback from other experienced people
    that share the same interest. If you have any recommendations, please let me know.
    Kudos!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s